Definisi
E-business
adalah E-business (Inggris: Electronic Business, atau “E-business”)
dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan
semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer. Istilah yang pertama
kali diperkenalkan oleh Lou Gerstner,
seorang CEO perusahaan IBM ini, sekarang merupakan bentuk
kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi Internet. E-business memungkinkan suatu
perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan
eksternal mereka secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan
mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan
pelanggan secara lebih baik.
Dalam penggunaan sehari-hari,
E-business tidak hanya menyangkut e-commerce saja. Dalam hal ini, E-commerce lebih merupakan sub bagian
dari E-business, sementara E-business meliputi segala macam fungsi
dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk pemasaran Internet.
Sebagai bagian dari E-business, e-commerce lebih berfokus pada kegiatan
transaksi bisnis lewat www atau Internet. Dengan menggunakan sistem manajemen
pengetahuan, E-commerce mempunyai
goal untuk menambah revenu dari perusahaan.
E–Business (Electronic Business) merupakan interaksi eksternal
organisasi dengan para pemasok, pelanggan, investor, kreditor pemerintah, dan
media massa juga termasuk penggunaan teknologi informasi untuk mendesain
kembali proses internalnya. materi ini akan memberikan pemahaman
dasar kepada para akuntan dan professional sistem mengenai peluang dan resiko.
Dengan menguasai ini, para akuntan dan professional sistem akan lebih siap
untuk secara aktif berpartisipasi dalam perencanaan, desain dan pengolahan
langkah – langkah awal E-business organisasi. Berdasarkan
beberapa definisi E-business yang
dikemukakan di atas, kita dapat menggabungkannya ke dalam suatu definisi
e-business yang utuh dengan melihat kesamaan dari setiap definisi tersebut dan
menggabungkannya. Kesamaan tersebut dapat kita lihat dari beberapa sudut
pandang, yaitu pelaku E-business,
alat atau media atau sumber daya yang digunakan, objek atau kegiatan yang
menjadi sasaran, tujuannya, dan keuntungan yang diberikan. Hasilnya sebagai
berikut:
- Pelaku E-Business
-Organisasi, konsumen,
perusahaan, supllier, pekerja, rekan bisnis
- Alat/Media/S umber Daya yang Digunakan
- Teknologi informasi dan
komunikasi
- Komputer, data yang telah
terkomputerisasi
- internet
- Kegiatan Sasaran
- Kegiatan bisnis
- Proses bisnis utama
- Pembelian,
penjualan,pelayanan, transaksi
- Operasi bisnis utama
- Tujuan
- Koordinasi, Komunikasi, dan
Pengelolaan organisasi
- Transformasi proses bisnis
- Sharing informasi
Contoh E-Business yang berhubungan dengan SIA
Kita dapat ambil contoh : Harian Kompas yang juga memiliki e-bisnis Kompas
Online. Kompas menjalankan proses bisnis
utamanya berupa penyediaan berita dan distribusinya, tidak lagi hanya melalui
media cetak saja tetapi juga melalui internet. Keutungan yang dapat diberikan
Kompas online dapat diakses oleh seluruh penduduk di Indonesia (bahkan dunia),
up to date, memangkas biaya kertas, dapat diakses 24 jam, dll. Nah keuntungan yang kita dapat atau
manfaat dari e business itu adalah :
• Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar global, sehingga perusahaan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, memilih pemasok terbaik, dan menjalin relasi dengan mitra bisnis yang dinilai paling cocok.
• Menekan biaya menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan mengakses informasi berbasis kertas (paperbased information).
• Memungkinkan perusahaan untuk menerapkan mass customization terhadap produk dan jasanya.
• Menekan waktu antara pembayaran dan penerimaan produk/jasa.
• Meningkatkan produktivitas karyawan melalui rekayasa ulang proses bisnis.
• Menekan biaya telekomunikasi.
• Manfaat-manfaat lainnya, seperti citra yang lebih baik, layanan pelanggan yang lebih bagus, proses yang lebih sederhana, mitra bisnis yang baru, waktu siklus dan pengiriman yang lebih singkat, akses terhadap informasi yang lebih luas, biaya transportasi yang lebih murah, dan fleksibilitasyang lebih tinggi.
• Pembeli atau customer dapat dengan mudah melihat barang yang di produksi perusahaan tersebut melalui internet, sehingga tidak repot harus ke tempat hanya untuk melihat barang.
Sumber
http://andrashootter007.wordpress.com/2012/10/14/laporan-e-bisnis/
http://materi kuliah.info/modul-e-bussines-e-comerce.aspx
• Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar global, sehingga perusahaan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, memilih pemasok terbaik, dan menjalin relasi dengan mitra bisnis yang dinilai paling cocok.
• Menekan biaya menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan mengakses informasi berbasis kertas (paperbased information).
• Memungkinkan perusahaan untuk menerapkan mass customization terhadap produk dan jasanya.
• Menekan waktu antara pembayaran dan penerimaan produk/jasa.
• Meningkatkan produktivitas karyawan melalui rekayasa ulang proses bisnis.
• Menekan biaya telekomunikasi.
• Manfaat-manfaat lainnya, seperti citra yang lebih baik, layanan pelanggan yang lebih bagus, proses yang lebih sederhana, mitra bisnis yang baru, waktu siklus dan pengiriman yang lebih singkat, akses terhadap informasi yang lebih luas, biaya transportasi yang lebih murah, dan fleksibilitasyang lebih tinggi.
• Pembeli atau customer dapat dengan mudah melihat barang yang di produksi perusahaan tersebut melalui internet, sehingga tidak repot harus ke tempat hanya untuk melihat barang.
Sumber
http://andrashootter007.wordpress.com/2012/10/14/laporan-e-bisnis/
http://materi kuliah.info/modul-e-bussines-e-comerce.aspx
0 komentar:
Posting Komentar